Thanks for your visit

Kamis, 12 Juni 2014

PENULIS HEBAT


Menjadi seorang penulis mungkin adalah hal yang sering dianggap sebelah mata oleh orang banyak. Terkadang mereka hanya menganggap kegiatan menulis adalah kegiatan yang membosankan, menghabiskan banyak waktu serta bersifat spekulatif, artinya  tidak semua penulis mampu untuk meraup hasil yang menggiurkan dari kegiatannya untuk menulis. Hanya mereka yang beruntung dan mempunyai ketekunan serta pembendaharaan bahasa yang baik dilegkapi oleh daya fikir dan imajinasi yang tinggilah yang mampu mendapat keuntungan dari kegiatan menulis.

Kegiatan menulis ini biasanya dilakukan sebagian orang untuk sekedar hobi, namun sedikit orang yang memiliki hobi ini karena orang yang benar benar suka menulis, ketika ia menulis ia akan terus dan terus berimajinasi sehingga seseorang itu akan terus menulis hingga ia dapat menyelesaikan tulisannya tersebut.

Seorang penulis, hampir bisa dipastikan adalah mereka yang mampu menyempatkan waktunya hanya untuk menuangkan ide atau gagasannya serta kemampuan berimajinasinya ke dalam lembaran lembaran yang akan mereka isi. Nah, dalam blog ini, kita akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan menulis :



Kegiatan Menulis dalam pandangan Islam 


  • MENULIS adalah tradisi yang (harus) dimiliki umat Islam. Tradisi menulis ini berkaitan erat dengan tradisi membaca yang telah dititahkan Allah SWT dalam surat al-’Alaq. Surat al-’Alaq ayat 1 sampai 5 sebagai wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT berisi penegasan tentang keutamaan membaca (iqra’)dan menulis (allama bi al-qalam).
  • alam salah satu riwayat, Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash berkata, “Dulu aku menulis semua perkara yang aku dengar dari Rasulullah SAW untuk aku hafalkan. Namun, orang-orang Quraisy melarangku dan bertanya, “Kamu menulis semua yang kamu dengar dari Rasulullah SAW. Beliau adalah manusia yang berbicara ketika senang dan ketika marah?” Aku pun berhenti menulis. Lalu, aku menceritakannya kepada Rasulullah SAW. Beliau memberi isyarat ke mulutnya dengan jarinya seraya bersabda, “Tulislah! Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, tidak keluar dari mulutku kecuali kebenaran.”
  • Hadits-Hadits dari Rasulullah SAW dapat tersampaikan tanpa ada cacat dan keraguan akan kebenarannya karena ditulis oleh Sahabat Nabi. Kecuali bagi Hadist-hadits Dhaif yang telah diselewengkan oleh orang-orang yang sesat serta menyesatkan.
  • Tradisi menulis dalam Islam memiliki beragam tujuan :  pertama, menulis untuk mengikat ilmu. Setiap ilmu yang didapatkan akan terekam kuat jika dituliskan. Ilmu adalah sesuatu yang berharga sehingga perlu menjaganya dengan menuliskannya. Kedua, menyampaikan ilmu. Ilmu yang didapatkan tentu perlu disebarluaskan untuk kemaslahatan bersama. Tidak hanya belajar, tapi juga mengajarkan ilmu dengan menyebarluaskannya lewat tulisan. Ketiga, menyeru kepada kebaikan(amar ma’ruf). Menulis untuk mengajak manusia menuju pada kebaikan. Keempat, mencegah kemungkaran (nahi munkar). Tulisan-tulisan yang dihasilkan berawal dari kegelisahan untuk menentang kezaliman dan berkata tidak pada setiap kemungkaran. Kelima, meneguhkan keimanan manusia. Menulis untuk mengarahkan kehidupan pada kesadaran ketuhanan. Ulama-ulama Islam zaman dahulu menulis untuk tujuan tersebut. Di luar tujuan lain, itulah motif yang hendaknya membangun motivasi kita dalam menulis. Ketika kita membuat tulisan dengan niat dan tujuan yang benar, kita akan mendapatkan nilai lebih dan akan menjadi amal jariyah kita,
     . 
Jika kita sudah mengetahui betapa besar manfaat menulis untuk kehidupan, Maka menulislah ! 


TIPE PENULIS HEBAT

Untuk menjadi Seorang penulis yang hebat, maka kita memerlukan hal berikut :

1.  Tulis apa yang kamu fikirkan dan Fikirkan apa yang kamu tulis
          Seorang penulis yang hebat, dapat memperoleh inspirasi untuk menulis dari mana saja dan dari kondisi bagaimana saja. Ketika Anda mendapat ide yang bagus yang dapat  diusung untuk menjadi sebuah buku yang menarik, janganlah ragu untuk menulisnya, Karena bisa jadi itu adalah ide yang bagus untuk dapat dituangkan kedalam sebuah  tulisan dan dibagikan kepada orang banyak. Lalu ketika kau telah menulis, maka fikirkanlah bagaimana cara untuk membungkus tulisan tulisan itu dalam kemasan yang bagus.


    2.  Memiliki Mental yang Kuat

         Mental yang kuat juga diperlukan dalam menulis. Biasanya seorang penulis akan lebih bersemangat dalam menulis, jika karyanya diapresiasi dengan baik. Sebaliknya,penulis mungkin dapat menjadi malas menulis jika karyanya tak dihargai oleh orang lain. Maka dari itu mental kuat diperlukan, Ambil pelajaran yang baik dari orang yang memberikan kritikan atas karya kita dan jangan hiraukan jika ia mencemooh karya kita dengan tanpa alasan atau tanpa perbaikan yang bermanfaat. Lanjut terus menulis, Kembangkan kreasi yang ada di fikiranmu.

   3.  Sempatkan waktu Khusus untuk Menulis

        kegiatan menulis dapat sangat menyenangkan bila kita menyediakan waktu khusus untuk  menulis  Waktu khusus untuk menulis ini dimaksudkan agar membangun mood dalam  terus berimajinasi dan mengembangkan apa yang ada di fikiran kita. Karena mood itu akan roboh ketika kita sedang menulis, ditengah-tengahnya terhalang oleh suatu hal yang  mengacaukan imajinasi kita.

  4.   Bersabar dan Terkun menjalani

        Tentunya jika ingin mendapat hasil yang baik, Sabar adalah kunci utamanya. Tak usah  difiirkan lama waktu untuk menyelesaikannya, karena itu justru akan membuat Anda  menjadi lelah untuk menulis. Cukup tekun dan teruslah menulis agar dapat menjadi bermanfaat bagi orang lain.

  5.   Kembangkan Imajinasi Anda, serta menambah referensi bacaan Anda

        Hal yang penting juga adalah untuk membuat cerita agar terliat menarik maka Anda perlu  untuk mengasah kreatifitas serta daya imajinasi yang Anda punya dengan melihat  tontonan yang bersifat membangun,  membuat Anda lebih termotivasi menulis, serta  perbanyak referensi bacaan agar pembendaharaan bahasa Anda lebih baik dan lebih mewarnai karya yang Anda buat.


Itulah mungkin yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang penulis yang Hebat. Tetaplah menulis untuk Cerdaskan Bangsa ! 

Semoga Bermanfaat, semangati hidup Anda dengan sesuatu yang membangun, bukan dengan yang menjatuhkan ! dan Sukses selalu untuk Anda Sahabat Super ! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar